Penerimaan Pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) 2009

INDONESIA MEMANGGIL

Dibutuhkan lebih dari sekedar TEKAD untuk memberantas korupsi di Indonesia…

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), membuka kesempatan kepada Warga Negara Indonesia (WNI) yang memiliki kepakaran, integritas dan komitmen yang tinggi untuk mengisi posisi:

Struktural

  1. DEPUTI INDA
  2. DIREKTUR MONITOR
  3. DIREKTUR PENGADUAN MASYARAKAT
  4. DIREKTUR GRATIFIKASI
A. PERSYARATAN UMUM

  1. Usia maksimal 52 tahun pada tanggal 31 Oktober 2009.
  2. Pengalaman dalam bidang yang relevan minimal 10 tahun untuk tingkat Deputi dan 7 tahun untuk tingkat Direktur.
  3. Minimal memiliki pengalaman manajerial 7 tahun untuk tingkat Deputi dan 5 tahun untuk tingkat Direktur (minimal 2 tingkat dibawah Direksi / setingkat Manajer )
  4. Kemampuan Umum : Diutamakan mampu berbahasa Inggris aktif serta mahir menggunakan komputer dan aplikasinya.
  5. Tidak memiliki hubungan keluarga langsung (suami/istri, orangtua/mertua, anak/menantu, kakak/adik) dengan pejabat/pegawai KPK.
  6. Pendaftaran dilakukan melalui situs-web konsultan independen.
  7. Bagi pelamar dari internal KPK, prosedur pendaftaran melalui situs-web konsultan independen.
  8. Bagi Pegawai Negeri, prosedur pendaftaran melalui instansinya masing-masing, tidak melalui situs-web .

B. Ketentuan Umum

  1. Pendaftaran hanya dilakukan melalui situs-web. Tidak menerima lamaran melalui pos.
  2. Pengumuman tiap tahapan akan dicantumkan dalam situs-web KPK dan situs-web konsultan, tidak diadakan surat-menyurat.
  3. Proses rekrutmen dan seleksi seluruhnya dilakukan oleh konsultan independen, kecuali wawancara tahap akhir.
  4. Bersedia mengikuti seluruh proses tahapan rekrutmen dan seleksi di Jakarta atas biaya sendiri.
  5. Pendaftar tidak diperkenankan menghubungi atau berhubungan dengan Pejabat/pegawai KPK selama proses rekrutmen dan seleksi berlangsung.
  6. Seluruh tahapan proses rekrutmen dan seleksi ini tidak dipungut biaya apapun
  7. Pada setiap tahapan seleksi, hanya kandidat terbaik yang akan mengikuti tahap seleksi berikutnya.
  8. Keputusan panitia seleksi tidak dapat diganggu gugat.
  9. Apabila ada pihak–pihak yang berusaha meminta biaya/ menjanjikan sesuatu /menawarkan bantuan atas proses rekrutmen dan seleksi ini agar segera melaporkan kepada KPK melalui e-mail ke alamat : pengaduan@kpk.go.id
  10. Batas Akhir Pendaftaran : 3 November 2009 . Aplikasi yang masuk setelah batas akhir registrasi dan atau tidak melamar secara on-line, dianggap tidak berlaku.
  11. Hasil seleksi administrasi dapat diakses di www.ppm-asesmen.com mulai 7 November 2009 pukul 21.00 WIB

C. TATA CARA MELAMAR

  1. Lamaran hanya dapat dikirimkan melalui aplikasi on-line (klik link registrasi on-line di bagian bawah spesifikasi jabatan). T idak ada jalur lain yang digunakan untuk pengiriman lamaran.
  2. Pelamar wajib memiliki alamat e-mail pribadi yang masih aktif untuk dapat mengikuti proses seleksi ini. Kami tidak melayani alamat e-mail yang salah input oleh pelamar. Pelamar dilarang menggunakan alamat e-mail kantor atau orang lain untuk proses pendaftaran ini.
  3. Setelah mengisi formulir aplikasi dan mengirimkannya kembali secara on-line, pelamar akan mendapat konfirmasi registrasi. Konfirmasi tersebut berisi nomor registrasi yang akan digunakan selama proses seleksi. Anda tidak dapat menerima e-mail registrasi apabila alamat e-mail yang anda input salah dan atau sudah tidak aktif, sehingga anda tidak bisa log-in untuk pengumuman selanjutnya.
  4. Pastikan Anda telah memilih Posisi Jabatan yang sesuai, serta menuliskan semua data dengan benar, sebelum menekan tombol KIRIM.
  5. Pelamar wajib mengisi aplikasi dengan data/informasi yang sebenar-benarnya karena data ini akan diklarifikasi dengan benar saat pelaksanaan verifikasi dokumen/informasi.
  6. Sediakan waktu yang cukup. Pengisian Aplikasi online ini secara lengkap membutuhkan waktu sekitar 30 – 60 menit.
  7. Baca dengan seksama setiap petunjuk yang disediakan. Persiapkan semua data yang anda butuhkan pada saat pengisian aplikasi, antara lain :

•  KTP

•  Riwayat Pekerjaan/Daftar Riwayat Hidup

D. JADUAL KEGIATAN :

Kegiatan Tanggal
Pengumuman Lulus Seleksi Administrasi (di situs web) untuk mengikuti Tes Kesehatan dan Tes Potensi 7 November 2009
Tes Kesehatan 13 November 2009
Tes Potensi 14 November 2009
Pengumuman Lulus Tes Potensi dan tes kesehatan (di situs web) 18 November 2009
Asesmen Kompetensi dan Tes Bahasa Inggris 21- 22 November 2009
Pengumuman Lulus Asesmen Kompetensi (di situs web) 1 Desember 2009
Wawancara user 7 – 9 Desember 2009
(sesuai jadual yang akan diberitahukan kemudian)
Pengumuman hasil wawancara user (di situs web) 11 Desember 2009

E. PENTING UNTUK DIPERSIAPKAN :

Bagi Anda yang kemudian dinyatakan lolos seleksi administrasi, akan diminta hadir pada Tahap Tes Potensi di lokasi dan waktu yang akan ditetapkan dengan membawa dokumen dan kelengkapan sebagai berikut:

  1. Kartu Tanda Penduduk yang masih berlaku, asli dan fotokopi.
  2. Fotokopi ijazah yang sesuai dengan persyaratan pendidikan dan telah dilegalisir oleh pejabat berwenang
  3. Fotokopi sertifikat keahlian lainnya yang relevan
  4. Pas Foto Berwarna ukuran 4 x 6 sebanyak 2 lembar
  5. Surat Referensi Pekerjaan atau surat lain seperti SK pengangkatan/Surat Tugas yang menguatkan pengalaman kerja yang telah diisikan pada formulir Aplikasi On-line saat melamar.  Seluruh berkas dimasukkan ke dalam map folio,

Mohon mempersiapkan seluruh dokumen dengan lengkap dan benar. Jika ditemukan ketidaklengkapan dokumen dan/atau ketidaksesuaian data pada dokumen dengan berkas lamaran, Anda akan dinyatakan gugur.

SPESIFIKASI JABATAN

Posisi yang dilamar

DEPUTI INDA

Registrasi Online

Cakupan Pekerjaan

Memberikan dukungan Informasi dan data, sistem informasi dan teknologi kepada KPK dan pembinaan jaringan kerjasama untuk pencegahan dan pemberantasan tindak pidana korupsi

Tanggung jawab utama

  • Memberikan dukungan informasi dan data kepada KPK
  • Memberikan dukungan sistem Informasi dan teknologi Informasi kepada KPK
  • Memberikan dukungan forensik informasi untuk penegakan hukum tindak pidana korupsi
  • Pembinaan jaringan kerja antar komisi dan instansi

Persyaratan khusus

Sarjana (S1) dari semua jurusan, diutamakan dari jurusan Sistem Manajemen Informasi/Analisa Keuangan

 


Posisi yang dilamar

 

DIREKTUR MONITOR

Registrasi Online

Cakupan Pekerjaan

Melakukan pengumpulan, pengolahan dan penyimpanan informasi dan data untuk kepentingan pencegahan dan pemberantasan tindak pidana korupsi

Tanggung jawab utama

  • Melakukan pengumpulan, pencatatan dan penyimpanan, penganalisaan serta penyajian informasi untuk kepentingan manajerial KPK dan kepentingan upaya pencegahan dan penindakan TPK
  • Melakukan pengelolaan sistem informasi dan teknologi informasi KPK
  • Melakukan kegiatan forensik informasi untuk kepentingan penegakan hukum.

Persyaratan khusus

Sarjana (S1) dari semua jurusan, diutamakan dari jurusan Sistem Manajemen Informasi/Analisa Keuangan

 


Posisi yang dilamar

 

DIREKTUR PENGADUAN MASYARAKAT

Registrasi Online

Cakupan Pekerjaan

Menerima laporan pengaduan masyarakat atas dugaan tindak pidana korupsi baik yang disampaikan secara langsung maupun tidak langsung. Merumuskan perencanaan, pelaksanaan, verifikasi dan evaluasi kegiatan penanganan ser ta tindak lanjut pengaduan masyarakat.

Tanggung jawab utama

  • Menerima laporan atau pengaduan dan mengumpulkan bukti-bukti yang terkait dengan indikasi penyimpangan dan penyalahgunaan wewenang unit kerja dan SDM di lingkungan KPK, LSM maupun yang menyangkut penyelenggara negara untuk memastikan penyusunan laporan pemeriksaan penyimpangan yang akurat dan dapat diuji kebenarannya.
  • Membentuk dan mengusulkan tim penugasan untuk memproses dan memonitor pengaduan masyarakat yang menyangkut LSM maupun penyelenggara Negara untuk memastikan terlaksananya kegiatan pengaduan masyarakat yang efektif dan sesuai dengan bukti yang ada dan.
  • Koordinasi dengan Deputi Bidang Informasi dan Data untuk memastikan tersedianya system tracking dan basis data pengaduan masyarakat yang lengkap dengan status terkini dan dapat menginformasikan kepada pemberi informasi/pembuat pengaduan mengenai status penanganan pengaduan.
  • Menyusun rencana kerja kegiatan dan merumuskan penelaahan laporan atau pengaduan masyarakat, LSM atau instansi pemerintah tentang adanya dugaan KKN dari para Penyelenggara Negara untuk memastikan penyelenggaraan kegiatan penelaahan dan penyusunan laporan berjalan sesuai dengan rencana.
  • Melakukan pengawasan, pengarahan dan evaluasi terhadap kegiatan untuk mengidentifikasi saran perbaikan dalam penyusunan laporan pelaksanaan kegiatan yang ditujukan kepada Deputi Pencegahan secara berkala.
  • Memberikan bimbingan, masukan dan umpan balik tentang kinerja dan aspek kepribadian bagi staff di direktorat Pengaduan Masyarakat untuk memastikan koordinasi kerjasama yang baik antara staff dan unit kerja lain peningkatan kinerja staff dan budaya kerja yang bebas dari korupsi.
  • Melakukan kerjasama dengan semua pihak eksternal maupun pihak internal untuk kelancaran penanganan pengaduan masyarakat

Persyaratan khusus

Minimal (S1) dari jurusan Akuntansi, Hukum dan Kepolisian.

 


Posisi yang dilamar

 

DIREKTUR GRATIFIKASI

Registrasi Online

Cakupan Pekerjaan

Melaksanakan langkah atau upaya pencegahan dalam menerima dan menetapkan status Gratifikasi diperlukan langkah-langkah strategis berupa perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan terhadap sumber daya di lingkungan Direktorat Gratifikasi.

Tanggung jawab utama

  • Bertanggung jawab penuh dalam melaksanakan tugasnya untuk kepentingan Komisi Pemberantasan Korupsi dalam mencapai visi dan misinya sesuai dengan Pasal 13 huruf b Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2002 tentang Komisi Peberantasan Tindak Pidana Korupsi.
  • Bertanggung jawab penuh dalam melaksanakan tugasnya untuk kepentingan Komisi Pemberantasan Korupsi dalam mencapai visi dan misinya sesuai Pasal 13 dan Pasal 14 Keputusan Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi Nomor Kep-07/P.KPK/02/2004 tentang Organisasi dan Tata Kerja Komisi Pemberantasan Korupsi.
  • Menetapkan langkah-langkah yang diperlukan untuk memastikan Direktorat Gratifikasi telah memenuhi seluruh peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.
  • Memantau dan menjaga agar kegiatan Direktorat Gratifikasi tidak menyimpang dari ketentuan yang berlaku.
  • Memantau dan menjaga kepatuhan Direktorat Gratifikasi terhadap seluruh perjanjian dan komitmen yang dibuat oleh Direktorat Gratifikasi baik kepada pihak internal maupun pihak eksternal KPK.
  • Bertanggung jawab atas pelaksanaan sosialisasi dan penyuluhan terkait dengan gratifikasi dan sejenisnya kepada para stakeholders .
  • Menentukan dan menetapkan sistem dan program-program training pegawai Direktorat Gratifikasi sesuai kebutuhan serta sesuai dengan visi, misi, perkembangan, prioritas, dan strategi Direktorat Gratifikasi.

Persyaratan khusus

Pendidikan setingkat S1 atau lebih diutamakan S2 atau S3 segala jurusan

SPESIFIKASI JABATAN

Posisi yang dilamar

DEPUTI INDA

Registrasi Online

Cakupan Pekerjaan

Memberikan dukungan Informasi dan data, sistem informasi dan teknologi kepada KPK dan pembinaan jaringan kerjasama untuk pencegahan dan pemberantasan tindak pidana korupsi

Tanggung jawab utama

  • Memberikan dukungan informasi dan data kepada KPK
  • Memberikan dukungan sistem Informasi dan teknologi Informasi kepada KPK
  • Memberikan dukungan forensik informasi untuk penegakan hukum tindak pidana korupsi
  • Pembinaan jaringan kerja antar komisi dan instansi

Persyaratan khusus

Sarjana (S1) dari semua jurusan, diutamakan dari jurusan Sistem Manajemen Informasi/Analisa Keuangan

 


Posisi yang dilamar

 

DIREKTUR MONITOR

Registrasi Online

Cakupan Pekerjaan

Melakukan pengumpulan, pengolahan dan penyimpanan informasi dan data untuk kepentingan pencegahan dan pemberantasan tindak pidana korupsi

Tanggung jawab utama

  • Melakukan pengumpulan, pencatatan dan penyimpanan, penganalisaan serta penyajian informasi untuk kepentingan manajerial KPK dan kepentingan upaya pencegahan dan penindakan TPK
  • Melakukan pengelolaan sistem informasi dan teknologi informasi KPK
  • Melakukan kegiatan forensik informasi untuk kepentingan penegakan hukum.

Persyaratan khusus

Sarjana (S1) dari semua jurusan, diutamakan dari jurusan Sistem Manajemen Informasi/Analisa Keuangan

 


Posisi yang dilamar

 

DIREKTUR PENGADUAN MASYARAKAT

Registrasi Online

Cakupan Pekerjaan

Menerima laporan pengaduan masyarakat atas dugaan tindak pidana korupsi baik yang disampaikan secara langsung maupun tidak langsung. Merumuskan perencanaan, pelaksanaan, verifikasi dan evaluasi kegiatan penanganan ser ta tindak lanjut pengaduan

masyarakat.

Tanggung jawab utama

  • Menerima laporan atau pengaduan dan mengumpulkan bukti-bukti yang terkait dengan indikasi penyimpangan dan penyalahgunaan wewenang unit kerja dan SDM di lingkungan KPK, LSM maupun yang menyangkut penyelenggara negara untuk memastikan penyusunan laporan pemeriksaan penyimpangan yang akurat dan dapat diuji kebenarannya.
  • Membentuk dan mengusulkan tim penugasan untuk memproses dan memonitor pengaduan masyarakat yang menyangkut LSM maupun penyelenggara Negara untuk memastikan terlaksananya kegiatan pengaduan masyarakat yang efektif dan sesuai dengan bukti yang ada dan.
  • Koordinasi dengan Deputi Bidang Informasi dan Data untuk memastikan tersedianya system tracking dan basis data pengaduan masyarakat yang lengkap dengan status terkini dan dapat menginformasikan kepada pemberi informasi/pembuat pengaduan mengenai status penanganan pengaduan.
  • Menyusun rencana kerja kegiatan dan merumuskan penelaahan laporan atau pengaduan masyarakat, LSM atau instansi pemerintah tentang adanya dugaan KKN dari para Penyelenggara Negara untuk memastikan penyelenggaraan kegiatan penelaahan dan penyusunan laporan berjalan sesuai dengan rencana.
  • Melakukan pengawasan, pengarahan dan evaluasi terhadap kegiatan untuk mengidentifikasi saran perbaikan dalam penyusunan laporan pelaksanaan kegiatan yang ditujukan kepada Deputi Pencegahan secara berkala.
  • Memberikan bimbingan, masukan dan umpan balik tentang kinerja dan aspek kepribadian bagi staff di direktorat Pengaduan Masyarakat untuk memastikan koordinasi kerjasama yang baik antara staff dan unit kerja lain peningkatan kinerja staff dan budaya kerja yang bebas dari korupsi.
  • Melakukan kerjasama dengan semua pihak eksternal maupun pihak internal untuk kelancaran penanganan pengaduan masyarakat

Persyaratan khusus

Minimal (S1) dari jurusan Akuntansi, Hukum dan Kepolisian.

 


Posisi yang dilamar

 

DIREKTUR GRATIFIKASI

Registrasi Online

Cakupan Pekerjaan

Melaksanakan langkah atau upaya pencegahan dalam menerima dan menetapkan status Gratifikasi diperlukan langkah-langkah strategis berupa perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan terhadap sumber daya di lingkungan Direktorat Gratifikasi.

Tanggung jawab utama

  • Bertanggung jawab penuh dalam melaksanakan tugasnya untuk kepentingan Komisi Pemberantasan Korupsi dalam mencapai visi dan misinya sesuai dengan Pasal 13 huruf b Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2002 tentang Komisi Peberantasan Tindak Pidana Korupsi.
  • Bertanggung jawab penuh dalam melaksanakan tugasnya untuk kepentingan Komisi Pemberantasan Korupsi dalam mencapai visi dan misinya sesuai Pasal 13 dan Pasal 14 Keputusan Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi Nomor Kep-07/P.KPK/02/2004 tentang Organisasi dan Tata Kerja Komisi Pemberantasan Korupsi.
  • Menetapkan langkah-langkah yang diperlukan untuk memastikan Direktorat Gratifikasi telah memenuhi seluruh peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.
  • Memantau dan menjaga agar kegiatan Direktorat Gratifikasi tidak menyimpang dari ketentuan yang berlaku.
  • Memantau dan menjaga kepatuhan Direktorat Gratifikasi terhadap seluruh perjanjian dan komitmen yang dibuat oleh Direktorat Gratifikasi baik kepada pihak internal maupun pihak eksternal KPK.
  • Bertanggung jawab atas pelaksanaan sosialisasi dan penyuluhan terkait dengan gratifikasi dan sejenisnya kepada para stakeholders .
  • Menentukan dan menetapkan sistem dan program-program training pegawai Direktorat Gratifikasi sesuai kebutuhan serta sesuai dengan visi, misi, perkembangan, prioritas, dan strategi Direktorat Gratifikasi.

Persyaratan khusus

Pendidikan setingkat S1 atau lebih diutamakan S2 atau S3 segala jurusan

Sumber : www.kpk.go.id

About these ads

2 Tanggapan

  1. saya udah baca tapi tetep gak ngerti, maklum kebanyakan baca Cerita Panas minta tulisan yang lengkap lagi dong bisar duduk persoalannya bisa saya mengerti,, hehehee

  2. Hi, i read your blog from time to time and
    i own a similar one and i was just wondering if you get a lot
    of spam responses? If so how do you prevent it, any plugin or anything
    you can suggest? I get so much lately it’s driving me insane so any help is very much appreciated.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: