Profil Calon Menteri: Suswono Penggemar Sayur Asem

Calon Menteri Suswono menjawab pertanyaan wartawan seusai diwawancarai Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di kediaman Puri Cikeas, Bogor, Jawa Barat, Senin (19/10).

Calon Menteri Suswono menjawab pertanyaan wartawan seusai diwawancarai Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di kediaman Puri Cikeas, Bogor, Jawa Barat, Senin (19/10).

Selasa, 20 Oktober 2009 | 20:24 WIB

SLAWI, KOMPAS.com — Calon Menteri Pertanian (Mentan) di Kabinet Indonesia Bersatu II, Suswono, ternyata gemar menyantap sayur asam. “Kakak saya, Suswono, memang salah satu penggemar sayur asem. Bila pulang ke Slawi, minta dibuatkan sayur asem,” kata adik kandung Suswono, Siti Arumsih, Selasa (20/10) di Tegal.

Soal makanan, kata Siti yang tinggal di RT 02/RW 04, Desa Kalisapu, Kecamatan Slawi, Kabupaten Tegal itu, Suswono bukanlah orang yang pilih-pilih. Ia mengatakan, sebagian besar makanan kesukaannya adalah makanan sederhana.

Ia mengatakan, Suswono yang politisi asal Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu memang dipilih oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sebagai salah satu kandidat menteri. Kandidat menteri lainnya yang berasal dari partai itu adalah Tifatul Sembiring, Salim Segaf Aljufri, dan Suharna Surapranata.

“Soal nanti Suswono menjadi menteri atau tidak, itu wewenang Bapak SBY karena yang saya tahu, SBY telah menepati janjinya yakni akan memberikan jatah empat menteri dari PKS,” kata Siti yang juga istri Amar Syamsi itu.

Ia mengaku mengetahui Suswono sebagai salah satu kandidat menteri dari pemberitaan televisi. Kedua orangtuanya, yakni Asyraf dan Suratni, katanya, juga mengetahui kabar anak pertamanya itu menjadi salah satu kandidat menteri dari pemberitaan televisi.

“Suswono belum memberitahu keluarga perihal dirinya menjadi calon menteri pada kabinet mendatang,” katanya. Amar mengaku, dia tidak mengetahui secara mendalam tentang sosok Suswono karena kakak iparnya itu jarang pulang ke Slawi.

Berdasarkan cerita beberapa teman dekatnya, Suswono memang dikenal memiliki kecerdasan yang lebih baik ketimbang mereka. Suswono pernah aktif di sejumlah organisasi, seperti menjabat sebagai Ketua Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Bogor, Ketua Senat Mahasiswa Fakultas Peternakan IPB, Pengurus Pelajar Islam Indonesia (PII) Daerah Tegal, dan Ketua PII Komisariat Slawi.

Asisten pribadi Suswono dan pengelola Kantor Perwakilan Pusat Informasi dan Pengaduan (PIP) Slawi, Aji Kurnia Darmawan, mengaku mengenal Suswono sebagai pribadi yang layak dicontoh masyarakat. “Sosok Suswono merupakan sosok pekerja keras, disiplin, dan memberikan perhatian kepada sesama,” katanya.

Ketua DPRD Kabupaten Tegal Rojikin AH mengharapkan agar Suswono melaksanakan berbagai program pemerintah untuk kepentingan seluruh masyarakat dan bukan kepentingan partai.

kompas.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: