Sori…, Cowok Dilarang Masuk!

Selasa, 20 Oktober 2009 | 00:53 WIB
NAJAF, KOMPAS.com – Sebuah bank Irak telah membuka kantor cabang yang seluruhnya didedikasikan dan dioperasikan oleh perempuan di kota Najaf, kata pemimpin bank itu, Senin (19/10). Pemimpin bank yang berkelamin laki-laki itu pun mengaku dirinya tak bisa masuk sembarang ke kantor khusus itu.

Abdel Razzaq Mansur, Direktur Pelaksana Bank Babylon, mengatakan kantor cabang yang dibuka pada Senin itu telah bekerja sejauh ini dengan 50 nasabah dan diperkirakan bisa mencapai sekitar 200 dalam setahun. “Di Najaf, banyak perempuan yang menjadi pengusaha, dan mereka memiliki perusahaan dalam berbagai jenis pekerjaan,” katanya, sambil mengungkapkan bahwa jumlah staf yang bekerja di kantor cabang itu sebanyak 25 orang yang seluruhnya wanita.

Pria yang bekerja di kantor cabang itu hanyalah satuan pengamanan yang lokasi ruangnya di luar kantor dekat jalan, kata Mansur.

Kantor cabang itu akan menyediakan fasilitas pinjaman, investasi, deposito dan tabungan, baik dalam mata uang dinar Irak maupun dollar AS.

Ditanya apakan pria diizinkan masuk ke kantor cabang itu, ia menjawab sambil tertawa,” Saya ini bosnya, namun saya hanya dapat meminta mereka datang ke sini (ke Baghdad). Saya tidak boleh pergi ke sana.”

Mansur menambahkan, dirinya berharap bisa mengembangkan konsep itu di Baghdad. Namun, Bank Babylon tidak akan meluaskan konsep itu di luar Najaf untuk saat ini.

Najaf, berlokasi 150 kilometer selatan Baghdad, adalah lokasi kuburan Imam Ali, menantu dan sepupu Nabi Muhammad, yang menjadi salah satu tempat berziarah umat Islam di seluruh dunia.

kompas.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: