Waduh, Lampung Hujan Es

”]Ilustrasi. [OMPAS/AGUS SUSANTO ]Minggu, 25 Oktober 2009 | 21:16 WIB
LAMPUNG, KOMPAS.com – Masyarakat seputar pasar Liwa dihebohkan dengan fenomena alam hujan es yang terjadi sekitar pukul 03.00, Minggu.

Hujan es yang turun sekitar 10 menit tersebut dibarengi dengan angin kencang, dan sambaran petir. Hujan deras yang dibarengi dengan es mengguyur wilayah Liwa, terjadi lebih kurang hampir dua jam.

“Pada sepuluh menit pertama, hujan yang turun menyerupai biji-biji es, yang besarnya lebih kurang sebesar biji jagung,” kata masyarakat Kota Liwa, Kecamatan Balik Bukit, Lampung Barat, Saprudin, di Liwa, Minggu (25/10).

Dia menjelaskan, sebagian besar masyarakat yang menyaksikan kejadian tersebut spontan menjadi heran dan heboh dengan fenomena alam yang terjadi di wilayah mereka.

“Masyarakat banyak yang heran. Bahkan, sebagian masyarakat Liwa yang atap rumahnya terbuat dari seng, mendengar jelas butiran-butiran es itu menimpa atap rumah mereka,” kata Saprudin.

Hujan deras yang bercampur es ini, termasuk kejadian yang langka terjadi di daerah ini, bahkan kejadian ini membuat sebagian besar masyarakat merasa takut.

“Ada sebagian masyarakat yang cuma bengong melihat kejadian tersebut, ada pula yang terkagum-kagum dengan kekuasaan Tuhan itu,” kata dia.

“Pada saat hujan turun pertama, genteng rumah saya yang terbuat dari seng, berbunyi sangat keras. Bahkan suaranya seperti kejatuhan ratusan batu kecil yang menimpa atap rumah saya. Dan suaranya sangat gaduh,” kata Samsudin (43).

Selain itu, pada saat hujan es itu datang suasana hujan memang terasa lain, selain dibarengi angin kencang, hujan kemarin juga dibarengi dengan petir yang menyambar-nyambar.

“Tetapi hujan es hanya sebentar dan selang sepuluh menit kemudian, butiran hujan yang turun normal kembali berupa air,” katanya.

Sumber : kompas.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: