Guru Pembuat Soal Ujian Cabul Stres dan Sempat Pingsan

Zainal Effendi – detikNews

Sidoarjo – Edi sungguh tak menyangka soal ujian tengah semester (UTS) Bahasa Indonesia yang dibuatnya akan menjadi isu nasional seperti ini. Ini karena dalam materi ujian tersebut terdapat kalimat bernada cabul.

Kasus ini membuat Edi stres, bahkan sempat pingsan saat dimintai penjelasan oleh Kepala Dinas Pendidikan Sidoarjo Agoes Budi hari ini.

“Edi stres saat dikonfirmasi Kepala Dinas bahkan sempat pingsan,” kata Kepala Seksi Kurikulum SD Dinas Pendidikan Sidoarjo Asy’ari kepada detiksurabaya.com saat ditemui di Kantor Dinas Pendidikan Sidoarjo, Jalan Pahlawan, Kamis (29/10/2009).

“Jadi tolong jangan tanya saya biar Kepala Dinas Pendidikan yang membeberkan,” imbuh Asy’ari.

Edi adalah pembuat soal untuk siswa kelas VI. Dia merupakan guru teladan sehingga Asy’ari meyakini kalimat cabul itu tidak disengaja.

Hingga kini, pertemuan antara Agoes Budi dengan Zainul (pembuat soal Bahasa Indonesia kelas I-IV), Edi dan Asy’ari, masih berlangsung.

Soal ujian Bahasa Indonesia yang jadi masalah adalah sebuah teks cerita berjudul “Pengusaha Bandel di Krangkeng Bareng Mak Erot.” Dari segi pemilihan materi yang menggunakan judul “Mak Erot”, jelas terasa ganjil. Apalagi dari struktur EYD, penulisan “di Krangkeng” jelas salah.

Belum lagi di alinea terakhir artikel itu bertuliskan kata-kata yang berbau cabul, bercampur bahasa Jawa. “….Pengusaha nakal diucluk-ucluk, karo biasane dibalsem teronge…I Love U Full.” Sebagian sekolah menutupi kalimat cabul dengan stipo, namun ada juga yang tidak sempat. (wln/nrl)


detiknews

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: