10.000 Lowongan Kerja TKI untuk Lombok

Mataram (ANTARA News) – Malaysia tahun 2009 memesan calon Tenaga Kerja Indonesia (TKI) melalui PT. Jasa Tama Widya Perkasa, Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB) sebanyak 10.000 orang.

Komisaris Utama PT. Jasa Tama H.MSN Kasdiono kepada wartawan di Mataram, Minggu mengatakan, dari jumlah tersebut realisasinya baru sekitar 30 persen.

Dikatakan, pihaknya tidak mau monopoli dalam memberangkatkan calon TKI terutama ke Malasyia, sehingga jatah tersebut dibagi kepada sejumlah PJTKI yang ada di daerah ini.

Ia mengaki, para calon TKI yang berangkat ke laur negeri sebagian besar tamatan Sekolah dasar (SD) bahkan tidak tamat, sehingga mereka kebanyakan bekerja di perkebunan kelapa sawit.

Walaupun demikian calon TKI tetap di akses, sebab jika tidak maka akan menambah jumlah pengangguran di daerah ini.

Dalam pemberangkatan calon TKI mereka rata-rata membiaya diri sendiri dengan meminjam uang kepada tetangga maupun keluarga dengan bunga yang sangat tinggi.

“Sebelumnya sejumlah calon TKI mendapat dana talang dari pemerintah yang dianggarkan melalui APBD, namun sejak beberapa tahun terakhir ini dana talang tersebut ditiadakan,” katanya.

Sebelumnya Gubernur NTB, KH. M. Zainul Majdi mengatakan, mulai tahun 2009 tidak ada lagi dana yang disediakan melalui APBD untuk biaya pemberangkatan calon TKI asal daerah ini.

“Sebab yang membiayai calon TKI kini sudah banyak termasuk dari pihak perbankan,” katanya.

Tahun-tahun sebelumnya memang dari APBD NTB disediakan dana sekitar Rp15 miliar untuk membantu calon TKI mencari nafkah ke luar negeri berbentuk pinjaman tanpa bunga.

Hal ini dilakukan pemerintah untuk mengurangi para rentenir, karena jika calon TKI meminjam uang di rentenir maka bunganya 100 persen, yakni jika mereka meminjam Rp2 juta yang harus dikembalikan Rp4 juta.

“Dengan demikian calon TKI yang berangkat ke luar negeri rata-rata membawa utang dan separuh gajinya dikirim untuk membayar utang di rentenir,” katanya.

Di NTB cukup banyak PJTKI baik di Pulau Lombok maupun Sumbawa, namun masih ada saja calon TKI yang berangkat melalui calo, sehingga jika tertangkap dia di deportasi.

“Sementara jumlah calon TKI NTB yang bekerja ke luar negeri setiap tahun rata-rata 35.000 orang hingga 40.000 orang dan mereka rata-rata berhasil,” jelasnya.

antaranews.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: