Kisah ‘Si Tengil’ Evan Brimob di Facebook ‘Polri Gak Butuh Masyarakat Tapi ….’

Evan Brimob

Jakarta – Sebuah akun di facebook (FB) atas nama Evan Brimob, membuat gempar. Pemilik akun ini menampilkan foto profil seseorang mengenakan baret biru dan seragam Brimob. Dia menulis status yang kontroversial yang membuatnya dilaporkan ke Komisi Polisi Nasional (Kompolnas).

Entah apakah Evan Brimob memang anggota Brimob atau tidak. Yang jelas, di komentar-komentar FB, dia menantang para komentator. Komentar di FB Evan Brimob sangat ramai gara-gara dia menulis status: “Polri gak butuh masyarakat, tapi masyarakat yg butuh Polri. Maju terus kepolisian Indonesia, telah hidup2 cicak kecil..”.

Si pelapor Evan Brimob ke Kompolnas adalah Wawan, yang beralamat di Karang malang, Catur Tunggal, Depok, Sleman. Dia melapor ke Kompolnas dengan mengisi formulir yang disediakan Kompolnas tertanggal 5 November 2009. Wawan mengirimkan formulir pengaduan yang diisinya itu ke redaksi detikcom, Kamis (5/11/2009).

Saat menulis kesatuan yang dilaporkan ke Kompolnas, Wawan menulis: Sat Brimob Polda Sumsel. Apakah Evan Brimob adalah benar anggota polisi dari Brimob Polda Sumsel? Entahlah. Namun, di profilnya, Evan Brimob mengaku bertugas di Sat Brimob Polda Sumsel.

Yang jelas, Wawan menulis dalam kolon ‘Bentuk Perbuatan’, sebagai berikut: “Membuat pernyataan yang melecehkan masyarakat dan beropini negatif tentang masyarakat, secara tidak langsung mempuat pernyataan yang provokatif dan bisa memperkeruh isu-isu tentang KPK dan Polri di situs jejaring social facebook.” Dia juga memberikan link di sebuah situs forum yang meramaikan tentang hal itu.

Di FB, Evan Brimob mendapat banyak komentar dari para pemilik akun FB yang menjadi temannya. Mereka mengomentari status Evan Brimob yang kontroversial tersebut.

Salah seorang pengguna FB yang berkomentar adalah Yudhistira Lembang. Dia merespons dengan kalimat sebagai berikut: “Lo digaji masyarakat lewat pajak, dodol. Jangan bilang polisi gak butuh masyarakat. Klo lo ga butuh masyarakat, lo tinggal di hutan saja sama monyet.”

Pemilik akun lain, Maquin Spanish berkomentar: “Evan, katanya saya bisa melakukan pengaduan kalau ada tindakan polisi yang merugikan masyarakat. Oleh sebab itu, saya akan tulisan kamu ini di pengaduan saya di web kepolisian.

Evan Brimob kemudian menimpali: “Maquis, kamu mengerti apa masalah hukum. kamu tuh gak lebih dari kumpulan orang2 yg gak berguna. Mungkin cinta kamu pernah ditolak  oleh polisi ya. Ya iyalah mana mau polisi sama orang yg gak penting kayak lo..”

Berbalas komentar antara Evan Brimob dengan pemilik akun FB lainnya kemudian dipindahkan ke forum dan didistribusikan ke banyak mailing list. Dan kasus Evan Brimob ini seakan meledak. Dia pun menuai banyak hujatan.

Di FB sendiri sudah muncul fan: Arogansi Evan Brimob Indonesia. Saat ini sudah lebih 300 orang yang bergabung. Juga ada akun FB tandingan bernama ‘Evan Brimob Asu’ dengan foto profil Evan Brimob yang diplesetkan.

Terhadap para lawannya, di salah komentarnya, Evan Brimob menulis sebagai berikut: “oh silakan2, satu jengkal pun saya tidak akan mundur. Jangan tidak ya… saya tunggu. Kalau tidak, berarti Anda yg perkarakan dengan hukum.”

( asy / faw )

detikinet

 

Baca juga yang ini Oknum Polisi Itu Membantah Menulis di Facebook

9 Tanggapan

  1. ck ck ck ck ada-ada saja😀

  2. tunggu aja, bentar lagi paling dipecat n masuk penjara tuh orang….😀

  3. wah wah itu cari sensasi saja. rakyat indonesia kan sedang panas panasnya cicak vs buaya. biar banyak yg ngeadd dia jadi teman saja kali😀

  4. polri..polri..makin meragukan aja..
    Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol Nanan Soekarna “Sekarang era demokrasi. Semua orang bisa ngomong apa saja,” (http://www.detiknews.com/read/2009/11/05/145521/1235888/10/mabes-polri-tak-tahu-evan-brimob)
    giliran prita vs omni aja bukan jamannya era demokrasi, giliran polri aja..eranya..halah ngomong apa kentut ya jaman sekarang..

  5. Jadi artis dadakan tu brimob

  6. Begh, kurang ajar yah tu orang …

  7. Ya, ni. Keq artis juga pada seneng buat sensasi biar ratingnya naik, hehe ……

  8. ini orang gila yang gak ada kerjaan, kalau memang dia oknum brimob lebih baik dia mundur aja, gak pantes seorang penegak hukum bermentalkan seperti orang gak waras gini….

  9. Baru bripda aja lagaknya songong amat loe nyet!!
    Baru juga lulus sekolah, lagak kaya yg sok tahu soal hukum, gaya baca KUHP, KUHAP, tapi gua cek friends loe di FB cewek semua…loe jadi polisi cuman buat gagah2an doank kan n cuman buat nyari cewe2 yg silau ma seragam loe terus bisa lo kerjain, lagu lama men!.
    hari gini masih ngandalain “bungkus”, jual “isi” jauh lebih bermakna!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: