Sebanyak 35 Ribu Orang Ikuti Tes CPNS di Malang

Tes penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) (ANTARA/Prasetyo Utomo)

Tes calon pegawai negeri sipil (CPNS) di wilayah Malang Raya (Kota dan Kabupaten Malang serta Kota Batu) yang digelar serentak 21 November mendatang bakal diikuti lebih dari 35 ribu peserta.

Wakil Ketua Satgas CPNS Kantor Pos Besar Malang (KPBM) Imam Syafi`i, Minggu, mengatakan, kalau dilihat dari CPNS yang mengambil formulir di KPBM maupun di 24 cabang kantor pos di wilayah Malang Raya, peserta tes CPNS 2009 diperkirakan lebih dari 35 ribu orang.

“Untuk pengambilan formulir Pemkab dan Pemkot Malang masih menyisakan hari ini (Minggu, 8/11) dan besok (senin, 9/11). Sedangkan Kota Batu sudah ditutup sejak minggu lalu (Sabtu, 31/10), sehingga ada kemungkinan formulir yang disediakan Pemkot dan Pemkab Malang akan terjual habis,” tegasnya.

Dari total jumlah formulir CPNS yang sudah terdistribusi pada masyarakat sekitar 30 ribu, katanya, sampai saat ini tidak lebih dari 20 formulir yang telah kembali dan sebagian sudah dikirimkan ke Badan Kepegawaian Daerah (BKD) masing-masing pemda di Malang Raya untuk diseleksi secara administrasi.

Menurut dia, bagi peserta yang lolos administrasi sesuai ketentuan yang diberlakukan masing-maisng Pemda, maka akan mendapatkan surat balasan (pemanggilan) untuk mengikuti tes CPNS yang digelar 21 November mendatang.

“Kami berharap H-4 pelaksanaan tes, kami sudah bisa mengirimkan surat panggilan kepada peserta yang ada di luar kota dan H-3 untuk peserta yang ada di dalam kota. Namun, semua itu tergantung dari pemda masing-masing yang melakukan seleksi admninistrasi,” tegas Imam yang juga manajer pemasaran KPBM itu.

Sementara itu Kepala BKD Kota Malang Burhanuddin mengakui, dari formulir yang telah dikembalikan dan dalam proses seleksi administrasi tersebut sebagian besar melamar untuk formasi guru dan paling sedikit adalah formasi tenaga kesehatan.

“Dari sekitar enam ribu formulir yang telah kami verifikasi, lebih dari separuh melamar untuk formasi guru yang disusul tenaga teknis dan kesehatan. Kami tidak tahu kenapa dari tahun ke tahun formasi tenaga kesehatan selalu minim peminat, tahun lalu saja ada beberapa tenaga kesehatan untuk spesifikasi dokter spesialis juga nihil peminat,” katanya.

Jumlah pendaftar CPNS di Malang Raya tahun 2009 jauh lebih tinggi dibanding pada tahun 2008. Tahun 2008, Pemkot Malang hanya menyediakan 10 ribu formulir dan terjual hanya 7.000, Kabupaten Malang menyediakan 12 ribu dan terjual kurang dari 10 ribu serta Kota Batu menyediakan 7 ribu formulir dan terjual hanya 6.000.

Sedangkan tahun 2009, Pemkot Malang menyediakan formulir sebanyak 13.500 dan masih tersisa sekitar 1.000, Pemkot Batu menyediakan formulir sebanyak 10 ribu dan sudah terjual habis serta Pemkab Malang menyediakan sebanyak 15 ribu formulir dan terjual sekitar 13 ribu. (*)

antaranews.com

Satu Tanggapan

  1. […] Source […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: