Naskah Soal Ujian CPNSD Banten dicetak di Serang

Naskah ujian calon pegawai negeri sipil (CPNS) sejumlah pemerintah daerah di Banten akan dicetak di Serang.

Salah satunya CV Mutiara Grafika yang akan mencetak naskah CPNS Pemkot Serang dan Pandeglang.
Sebenarnya, CV Mutiara Grafika juga ditawarkan untuk mencetak naskah CPNS Pemprov. Namun dengan alasan waktu, percetakan yang beralamat di Ciwaru, Kota Serang, itu tidak dapat memenuhi tawaran pemprov.
Kepala BKD Provinsi Banten Acid Syamsuri membenarkan bahwa CV Mutiara Grafika mencetak naskah CPNS. “Karena tidak cukup waktu, mereka (CV Mutiara Grafika-red) tidak mencetak naskah soal untuk CPNS pemprov,” terang Acid, melalui telepon genggamnya, Selasa (3/11).
Karena ditolak, lanjut Acid, BKD kembali mencari perusahaan percetakan yang bersedia mencetak naskah soal CPNS pemprov. “Tidak masalah perusahaan itu dari dalam maupun luar Banten. Yang terpenting profesional dapat mencetak naskah tepat waktu, mampu menjaga kerahasiaan, dan mencetak sesuai format naskah yang telah dibuat Untirta selaku lembaga yang dipercaya menyusun naskah soal,” katanya.
Terkait jumlah soal yang akan dicetak, Acid menyebutkan sesuai dengan jumlah pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi yakni sekitar 10 ribu pelamar. “Jumlah soal yang akan dicetak kurang lebih 10 ribu paket lebih,” terangnya.
Sementara itu, mengenai kekhawatiran kebocoran soal, Acid memastikan tidak akan terjadi. “Saya percaya Untirta. Sebagai lembaga akademisi tentu akan menjunjung tinggi kerahasiaan,” katanya.
Pada bagian lain, BKD Kota Serang sedang mencetak nomor tes yang akan dikirimkan kepada pelamar CPNS. Nomor tes akan dikirimkan kembali kepada kantor pos.
Kepala Sub Bidang Pengembangan Karir BKD Kota Serang Farach Richi mengatakan, saat ini telah mencetak 2 ribu nomor tes. “Total nomor tes yang akan dibagikan sekitar 5.500,” ujar Farach saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (3/11).
Farach mengungkapkan, pelamar CPNS Kota Serang tak hanya berasal dari Banten, tapi juga dari Bandung, Surabaya, Jawa, Sumatera, dan Kalimantan.
Ia mengatakan, tim penyortir yang berasal dari perwakilan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) menelaah surat lamaran yang tidak memenuhi syarat, agar para pelamar tidak sia-sia mengirimkan lamaran ke Pemkot Serang. Kata dia, hal yang dicermati dalam berkas lamaran yakni nama, umur, dan pendidikan.
Mengenai percetakan yang akan ditunjuk BKD untuk mencetak soal, Farach enggan memberitahu. Kata dia, yang pasti ada pengawalan ketat dari kepolisian selama 24 jam dan closed-circuit television (CCTV). “Rahasia. Tapi yang pasti ada perusahaan mempunyai security printing dan pernah mencetak soal-soal ujian negara, seperti UN (ujian nasional-red), dan ada SOP (standard operating procedure-red) sesuai dengan Peraturan Kepala BKN Nomor 30 Tahun 2007 dan Keppres Nomor 80 Tahun 2003,” ujarnya.
Sementara itu, dihubungi terpisah, UPT Humas Untirta Boyke Pribadi mengatakan, soal CPNS sedang disusun. Ia memperkirakan, penyusunan soal akan rampung pada Kamis (5/11). “Ada lebih dari 60 kompetensi, jadi saya kurang hafal berapa jumlah akademisi yang terlibat dalam pembuatan soal,” ujar Boyke.(ila/cr-2)

Sumber : http://www.radarbanten.com

2 Tanggapan

  1. apa2an ini

  2. Untuk keterangan lebih lanjut silahkan baca keterangan dan download di link berikut >>>

    http://www.coolaugust.blogspot.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: