Inilah Terapi Kesehatan Paling Omong Kosong

Gwyneth Paltrow adalah salah satu selebriti yang rutin melakukan terapi kop/Daily Mail

Fitri Yulianti – Okezone

TERAPI kolon dan kop masuk jajaran 10 teratas sebagai terapi kesehatan yang tak ada manfaatnya jika dilihat dari sisi medis. Padahal, banyak selebriti Hollywood rutin melakukan terapi tersebut.

Para selebriti biasa memanjakan tubuh dengan berbagai treatment kesehatan dengan berbagai tujuan dan harapan. Tak sedikit uang dan waktu dihabiskan untuk membuat tetap sehat dan bugar.

Sayangnya, pengorbanan uang dan waktu itu menjadi pekerjaan sia-sia, sebab tak ada hasil signifikan yang bisa mereka dapatkan. Bahkan, menurut para dokter, beberapa di antara treatment tersebut bisa menimbulkan efek berbahaya bagi para pelakunya. Demikian seperti okezone lansir dari Daily Mail, Rabu (11/11/2009).

Tren kesehatan para selebriti ini rupanya dicontek oleh orang awam. Sebab, setidaknya empat dari lima wanita Inggris melakukan treatment kesehatan alternatif di klinik mahal meskipun hanya sedikit, bahkan tak ada bukti meyakinkan terhadap khasiatnya.

Kop menempati urutan teratas sebagai “bualan kesehatan”, seperti diidentifikasi oleh GPs. Kop adalah salah satu bentuk dari akupunktur di mana mangkok hangat ditempatkan di atas kulit untuk merangsang alirah darah agar lancar, meredakan stres, dan rasa nyeri.

Gwyneth Paltrow adalah salah satu selebriti yang rutin melakukan terapi kop. Sayangnya, banyak penelitian telah menunjukkan bahwa terapi tersebut jauh dari harapan.

Urutan kedua ditempati oleh terapi kolon, di mana sebuah selang berdiameter besar digunakan untuk membersihkan usus besar.

Aktor seperti Ben Affleck pernah menjalani terapi ini. Lagi-lagi tak ada fakta medis dan ilmiah yang bisa membuktikan bahwa terapi kolon bekerja efektif. Pernyataan tersebut seperti dikutip dari situs NHS Choices.

Kemudian, urutan ketiga adalah metode food intolerance testing. Reaksi menolak makanan ini sengaja diatur dengan cara tertentu. Dengan metode diet tersebut, pelakunya bisa menemukan dan menentukan jenis makanan yang ingin dihindari. Penyanyi Geri Haliwell telah mencobanya.

Bahkan Kits rela merogoh kocek hampir Rp4,4 juta untuk melakukan metode tersebut. Alih-alih mengontrol kesehatan tubuh, justru menimbulkan risiko lain.

Urutan empat hingga 10 masing-masing adalah detoksifikasi, diet makrobiotik, aromatherapy, refleksiologi, suntik vitamin B12 seperti dilakukan Madonna, extreme yoga seperti dilakukan Katie Price, dan overnight health farm stays.

Daftar di atas dihimpun oleh firma asuransi Aviva terhadap 200 GPs (perangkat survei yang terintegrasi).

Dr Douglas Wright dari Divisi Kesehatan Firma Aviva mengatakan, “Terlalu banyak wanita yang menghambur-hamburkan uang demi menuruti tren, padahal efek yang dihasilkan sedikit. Lebih mengkhawatirkan saat muncul pemikiran bahwa tren treatment lebih baik ketimbang pengobatan medis yang menurut mereka tidak fashionable, padahal lebih aman dan bermanfaat.”
(tty)

okezone

4 Tanggapan

  1. Mas tukeran link yuk..
    tar mas pasang link saya..
    klo udah kasih tau saya..
    tar klo udah link punya mas tak pasang di blog saya

    gmn mas??

    Taerima kasih

  2. OK, Lagi aku buatin.

  3. hi, great site my friend.

  4. Thanks for visiting my blog ……….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: