Usman Yasin : Si Pemilik Akun ‘Gerakan 1.000.000 Facebookers Dukung Chandra M. Hamzah dan Bibit S. Rianto’

Usman Yasin (dok. pribadi)

Jakarta – Nama Usman Yasin tiba-tiba menjadi pusat perhatian setelah terjadi penahanan atas 2 pimpinan nonaktif KPK Bibit S Rianto dan Chandra M Hamzah. Apa sebab? Usman berinisiatif menggalang dukungan dari para peselancar dunia maya melalui jejaring sosial Facebook untuk mendukung pembebasan Bibit dan Chandra.

Akun grup Facebook itu dia namai ‘Gerakan 1.000.000 Facebookers Dukung Chandra M Hamzah dan Bibit S Rianto.’ Hanya dalam 9 hari, grup ini telah mencapai target dengan perolehan dukungan menembus angka 1 juta.

Usman, seorang dosen Universitas Muhammadiyah Bengkulu yang tengah mengambil
studi S3 di IPB, tidak menyangka dukungan publik untuk KPK yang mengalir lewat akun yang dibuatnya begitu besar. Itulah sebabnya dia hanya mamatok pada angka moderat 1 juta.

“Tadinya kan kita nggak tahu seberapa besar dukungan publik, makanya saya cuma bikin 1 juta. Ternyata dukungan publik begitu luas,” kata Usman dalam perbincangan dengan detikcom, Kamis (12/11/2009).

Secara pribadi, gencarnya dukungan kepada KPK melalui akun grup tersebut membawa implikasi bagi pria yang merayakan ultahnya pada tanggal 22 Oktober ini. Akun Facebook pribadinya yang tadinya hanya bertemankan 500 orang saat ini melonjak menjadi 4.000. Banyak yang secara pribadi menyatakan dukungan, mengajak diskusi, maupun berbagai informasi dengan Usman terkait kasus KPK.

“Bahkan ada anak kelas 3 SMP yang diskusi panjang lebar dengan saya lewat Facebook. Kami chatting satu jam lebih. Ternyata dia sangat perhatian dengan masalah ini,” tutur Ketua Yayasan Lembak Bengkulu ini.

Selain itu Usman juga harus meluangkan lebih banyak waktu di depan komputer. Banyaknya anggota grup yang mengajak diskusi dan sharing informasi membuat Usman harus lebih sering mengakses internet. Usman sendiri mengaku tidak ingin anggota grup itu hanya sekadar bergabung dan tidak mendapatkan apa-apa.

“Karena itulah saya harus mencari informasi-informasi terkait kasus KPK dan juga Bank Century untuk saya share. Saya jadi harus meluangkan waktu lebih banyak di depan internet. Tapi karena memang saya sudah biasa di depan internet, saya enjoy aja,” aku ayah 3 anak ini.

Saat ini pendukung di Facebook telah mencapai angka 1,2 juta. Setelah melampaui angka psikologis 1 juta, memang penambahan anggota menjadi lebih lambat, sekitar 10-15 ribu per hari. Sedangkan sebelumnya angka dukungan bertambah lebih dari 100 ribu per hari.

“Masih tetap bertambah, tapi sudah agak berkurang. Mungkin karena target sudah tercapai, isu yang digarap juga sudah mulai banyak. Perkembangannya luar biasa, ke kiri ke kanan,” kata Usman.
(sho/nrl)

Satu Tanggapan

  1. kok Tread nya 1 juta gerakan dukung bibt candra hilang ..kenapa ya…atau udah non aktif …ya..trimakasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: