Bikin Vixion Bercahaya dalam Gelap

MOTOR PLUS/YF / Pemakaian lampu Yamaha Fino untuk headlamp merupakan inovasi

Baju “glow in the dark”, udah biasa kali. Tapi, kalau motor menjadi istimewa, terutama di Pontianak, Kalimantan Barat. Seperti yang diperbuat Hendry dari rumah modifikasi Dr.X pada Yamaha V-ixion 2009 dengan bodi yang sudah dimodifikasi. Ketika melintas di kegelapan, bodi motor jenis sport berlambang garputala itu menimbulkan sinar.

“Mungkin motor pertama di Pontianak yang menggunakan cat fosfor,” ujar Hendry dengan bangga. Untuk membuat efek cahaya, menurutnya tidak terlalu ribet. Hanya mencampurkan bubuk fosfor ke dalam cat.

Prosesnya dimulai dengan cat dasar putih, kemudian diberi lapisan berikutnya yang merupakan cat putih yang sebelumnya sudah dicampur fosfor. “Setelah itu, baru diairbrush. Untuk tahap akhir, baru kemudian diberi lapisan pernis,”beber Si Abah, panggilan akrab Hendry. Diakuinya, pakai cat fosfor tidak perlu perawatan khusus, lebih gaya tanpa merepotkan.

Modal cat bersinar saja kurang sip tanpa diikuti ubahan pada bodi. Secara model dan desain terlihat pas dan harmonis. Bisa dikatakan ini menjadi detail paling kuat pengaruhnya pada keseluruhan bagian motor. “Dibuat dari bahan fiber, sedangkan tangki hanya mengondom aslinya.

Karena kepincut model sporty (balap), maka bagian buritan dibikin runcing. Termasuk jok dirancang ulang bergaya balap. “Jadi, yang mau bonceng sori aja, ya, enggak bisa,” senyum Hendry.

Bahkan permukaan jok tergambar logo independen yang jadi lambang bengkelnya. Enggak cuma di situ, lambang itu terdapat segitiga atas suspensi depan dan bagian dalam sepatbor belakang.. Menjadi lebih hidup, karena pelek dan mesin dikeliri biru. (Nurfil)

Editor: bastian

Sumber : kompas.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: