Vipros Motorcycle Made in Jogja

MOTOR PLUS/RIYAN / Mirip Honda Supra

Ternyata, motor bikinan Indonesia tidak jelek-jelek amat. Nih, Vipros X dari diluncurkan dari Yogyakarta oleh PT Mega Andalan Motor Indonesia (MAMI). Dibikin dalam dua versi, Vipros 100 dan Vipros X 125 dan keduanya mengandung 80 persen komponen lokal. “Hanya mesin yang didatangkan dari Zongzhen, China,” tegas Mardyson, Kepala marketing PT MAMI.

Mardyson menjelaskan lebih lanjut bahwa blok kiri dan kanan diproduksi sendiri. Sekarang ini, baru diproduksi sebanyak 75 unit. Rencananya, per bulan akan dibikin 500 sampai 750 unit.

Arif Budiman, bagian teknis menegaskan kalau motor sudah di tes jalan. Hasilnya, “Bisa bersaing dengan produk lain. Hentakan mesin terasa dan bisa diandalkan di jalanan menanjak. “keduanya memakai sistem pengapian CDI dan kapasitas tangki 4 liter,” papar Arif lagi.

Dimensinya, panjang, lebar dan tinggi X 125, yakni 1.910 mm, 690 mm dan 1.100 mm, sedang jarak sumbu roda 1.240 mm. “Motor ini memiliki tenaga maksimum 6,3 kW pada 8.000 rpm,” jelas Arif. Dimensi di atas sama dengan Vipros 100, hanya beda pada tenaga yang 5 kW di kitiran 8.000 rpm.

Mardyson yakin produknya bisa diterima masyarakat Indonesia. Hanya, untuk sekarang ini, pemasarannya baru sebatas Yogyakarta dan Jawa Tengah. (Riyan)

Sumber : kompas.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: