Gaji PNS Guru Non Sertifikasi Naik Rp. 250.000 per bulan Terhitung Januari 2009

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengumumkan terhitung Januari 2010, guru berstatus PNS yang belum mendapat tunjangan profesi akan diberi tunjangan senilai Rp 250.000 per bulan yang pembayarannya dirapel. Dengan demikian, guru PNS di Indonesia minimal mendapatkan gaji Rp 2 juta per bulan.

Demikian disampaikan Presiden di hadapan garu yang hadir dalam peringatan Hari Guru Nasional 2009 dan HUT Persatuan Guru Republik Indonesia ke-64 di Jakarta, Selasa (1/12). “Pagi tadi saya sudah menandatangani Peraturan Presiden No 52 Tahun 2009 tentang tambahan penghasilan bagi guru PNS. Besarnya Rp 250.000 per bulan dan terhitung 1 Januari 2009,” kata Yudhoyono.

Pengumuman itu disambut gembira ribuan guru dan pengurus PGRI yang hadir. Ketua Umum Pengurus Besar PGRI Sulistiyo menyambut baik keputusan pemerintah.

“Tetapi tetap jadi pekerjaan rumah bagi kami, supaya ada ketentuan soal upah minimum regional atau UMR guru. Jangan ada lagi guru yang dibayar Rp 100.00/bulan. Kami berjuang supaya tahun depan UMR guru terwujud. Akhir Desember ini, PGRI diajak pemerintah untuk membahas UMR guru,” ujar Sulistiyo.

ELN

Editor: made

sumber : kompas.com

32 Tanggapan

  1. Alhamdulillah……..jadi makin semangat ngajarnya.

  2. alhamdullilah

  3. Tambah rajin ya, Bu Guru ngajarnya? Jgn lupa buat juga perangkat ngajarnya, hehe ……..

  4. Selamat……semoga makin menambah gairah mengajar

  5. Alhamdulillah, mudah-mudahan tidak di potong. He..he..he

  6. Mudah-mudahan cepat diterimakan…Amiiin.

  7. Alhamdulillah…. selamat dan semangat yaaa,, supaya anak-anak pada pintar dan yang penting tidak ada potong- tong tong tong

  8. Dahulukan sejahterakan guru Non PNS karena yang PNS udah makmur semua trus gajinya udah gede kok nanti tidak berfikir kualitas tapi cari duit terus mikirnya

  9. Terus, kapan keluarnya pak?

  10. Kalo Bandar Lampung Bulan Januari ini. Kabupaten/Kota yang lain ga tau kapan. Tanya ke Bagian Keuangan Pemda masing-masing aja.

  11. bagi yang cpns gimana nasibnya ? di kalsel terdengar kabar gag di beri sementara calling@ temen di jawa dikasih…ada info ?

  12. terima kasih atas janji bapak presiden pada haru Hut guru yang menjanjikan bagi guru yang belum disertifikasi mendapat tunjangan Rp.250.000,-/bulan terhitung januaris/d desember 2009.tetapi di Kab.Indragiri Hulu dihitung hanya 10 bulan apakah semua Kab.yang ada di Riau sama,kalau memang sama berarti itu adil,tapi kalau ada di Kab. lain khususnya di Riau berbeda itu berarti ada kesalahan mau ini ditanggapi supaya lebih jelas bagi kami guru

  13. Alkamdulillah…tapi di Kota Tangerang Selatan atawa Propinsi Banten kog tidak ada?

  14. Guru CPNS gimana? dapat gak?

  15. Untuk sodara-sodara CPNS,, Rupanya kita harus sabar.. nasib CPNS masih belum mujur, meski udah mengabdi dalam jangka waktu yang lama, dengan gaji minimum, tapi dibeberapa tempat para CPNS tidak mendapatkan tunjangan tersebut…

  16. Menurut kebanyakan orang, gaji tersebut untuk menutupi janji SBY yang janji saat mencalonkan diri akan menaikkan gaji PNS sebesar 50%. mungkin

  17. Jakarta kapan ya???? Khususnya Jakarta Timur coz Jakarta Timur sering ketinggalan terus….hehehe

  18. kami mau tanya apakah ada permennya gak tentang kalau cpns juga dapat tunjangan fungsional yang 250/bulan bagi yang belum disertifikasi sebab ada sebagian kabupaten di prop banten ada yang dapat.jadi kami mohon dikirimkan permennya pak?

  19. Sampai detik ini, buat kami di Mandailing Natal, ini hanya “angin sorga”. Belum cair-cair coy!

  20. Sampai detik ini d buntok utk yg pns pusat depag blm cair oiii!! Yg PNS daerah ud…mengapa begt?!

  21. masih banyak yang belum menerima di kab. TAPUT apa dan bagaimana ini? khususnya untuk yang mengajarkan bidang studi pendidikan agama. ya…ya….. guru agama harus sabar…. tidak usah tunggu dari siapa-siapa, tunggu aja dari Allah yang Maha Pemurah.

  22. Kalau di kab.katingan kalteng, pasti paling terakhir dibayarkan, menunggu kab.seindonesia sdh habis dibayar

  23. gimana nich sampai saat ini di DKI juga turun dana non sertifikasinya, kapan?

  24. Waw, kesian ya? Kalo yang di Lampung dah pada abis ………

  25. untuk tenaga administrasi yg disekolah mendapatkan apa pak

  26. Huft ………… kalo yg begituan nanyanya ke Menpan ……., Bro?

  27. kalo di kab.ogan ilir sumsel lebih gak jelas lagi wong gaji 13 aja musti demo ke gedung dpr jakarta dulu baru dibayarkan apalagi yg ini jauhhhhhhhhhhhhh

  28. bagaimana di kabupaten kolaka provinsi sulawesi tenggara pembayaran tunjangan guru non sertfikasi dikenakan PPh sebesar 15% untuk semua golongan apa ini aturan yang mengatur tentang itu, tolong ditanggapi

  29. Untuk pengenaan PPh 21 (15%) harusnya cuma tuk PNS yang bergolongan III dan IV.

  30. kok cuman PNS non sertifikasi???PNS gaji nya udah gede, blm tunjangan laen,skarang ditambah 250 rb lg, trus nasib kami yg ngajar dswata gimana???kapan itu jg kami rasakan??/padahal kami udah mengabdi lama sekali tp tdk ad peningkatan secara tunjangan,krn kalo mengandalkan yayasan mau memberi kesejahteraan yg lebih, kemungkinan kecil,kita mau pemerintah peduli akan hal itu,minimal dilihat dari masa kerja kami. bukanya kami ga ada usaha,setiap ada lowongan PNS kami selalu ikut tp heran ga pernah lolos,meski kami sering yakin soal-soal yg kami kerjakan benar….wilayah DEPOK

  31. sebaiknya semua guru harus sertifkasi kerjanya dan mengabdi sama semua untuk anak bangsa biar adil harus merata ok……
    trimks rkyts

  32. tunjangan 250 rb/bln bg guru negri yg blm sertifikasi sebaknya diberikan setiap bulan bareng dg gaji, supaya lbh bermanfaat’,trima ksh Pak SBY ku yg bijaksana.smg peraturan ini terus berlanjut dan berkesinambungan mengingat msh banyak guru negri di Indonesia yg blm mengikuti sertifikasi ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: