Plus Minus New Jupiter Z

(Foto: Prasetyo/okezone)

JAKARTA – PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) telah resmi meluncurkan New Jupiter Z. Apa yang istimewa dari bebek baru ini hingga Yamaha rela menghentikan produksi tipe lamanya?

Menurut Vice President director YMKI Dyonisius Beti, New Jupiter Z mengadopsi teknologi balap. Benarkah?

Bila melihat penampilannya, sosok Jupiter Z anyar ini memang benar-benar berbeda dibanding pendahulunya. Sebut saja misalnya perubahan pada desain lampu depan baru yang lebih sporty serta tambahan tampilan flasher light yang membuatnya lebih mirip dengan Jupiter MX.

Kemudian ada pula desain speedoleter baru yang menggunakan LED ilumination berwarna biru, yang sanggup memendarkan cahaya terang saat malam hari. Belum lagi bentuk lampu belakang yang meruncing dan futuristik, membuat penampilan Jupiter Z kali ini benar-benar berbeda.

Itu yang langsung kelihatan secara sepintas. Bila ditelisik lebih lanjut, detail-detail ubahan juga terjadi pada bagian lain. Seperti cover handle, bagasi yang lebih besar, serta guard key pada kunci starternya. Mirip dengan yang selama ini diterapkan pada motor-motor keluaran Honda.

Perubahan juga menyasar ke sisi mesin. dapur pacu Jupiter Z kini meningkat jadi 115 cc. namun urusan performa, tampaknya perbedaan kapasitas silinder ini tak mempengaruhi kinerja New Jupiter Z.

Karena, bebek baru Yamaha itu hanya sanggup mengeluarkan tenaga sebesar 6.0 kW pada 7.500 rpm dengan torsi puncak 8.3 Nm di 4.500 rpm. Bandingkan dengan jupiter lama dengan mesin 110 cc bisa menghasilkan tenaga yang serupa yakni 6.55 kW di 8.000 rpm dengan torsi 9.0 Nm di 5.000 rpm.

Demikian pula untuk sasis yang digunakan. Meski lagi-lagi bos YMKI menilai New Jupiter Z ini menggunakan rangka motor balap Yamaha, tetapi dari spesifikasi yang tampak, motor ini setali tiga uang dengan versi lawasnya.

YMKI tetap menggunakan rangka baja underbone dengan suspensi telescopic di depan dan lengan ayun di belakang. Ukuran ba juga masih sama 70/90-17 di depan serta 80/90-17 untuk ban belakang. Pun demikian YMKI juga masih yakin dengan kemampuan tromol pada roda belakangnya. Sementara di ban depan sudah dilengkapi cakram.

Dengan banderol Rp14,5 juta untuk tipe pelek racing dan Rp13,8 juta untuk yang jari-jari, konsumen disajikan penampilan baru yang lebih segar dari Jupier Z. (uky)

okezone

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: