Download Firefox Mobile

(Foto: Ist)

CALIFORNIA – Firefox merupakan pemain utama di kancah browser desktop. Tapi ketika terjun ke perangkat mobile, Mozilla belum pernah membuat lompatan di area ini.

Semua itu akan segera berubah dengan hadirnya Firefox versi mobile pertama yang akan segera dirilis akhir tahun ini.

Kabarnya, Nokia seri N900 akan menjadi ponsel pertama yang bisa mengoperasikan browser Firefox Mobile. N900 yang menggunakan OS Maemo berbasis Linux tersebut dikapalkan dengan Gecko layout engine Mozilla.

“Target kami adalah segera merilis browser ini. Jika semua berjalan lancar, kami akan segera merilisnya dalam beberapa minggu lagi,” kata Vice President Mobile Mozilla Jay Sullivan, seperti dikutip dari Mashable, Jumat (11/12/2009).

Para pemilik N900 dapat mengunduh versi beta terbaru dari browser ini dengan mengunjungi Mozilla.com/m melalui ponsel mereka. Nokia tidak berencana untuk mengapalkan N900 dengan Firefox Mobile, namun setidaknya untuk saat ini ponsel tersebut membuka pintu lebar-lebar bagi pengoperasian Firefox Mobile di dalam tubuhnya, termasuk juga OS Maemo versi berikutnya yang akan hadir pada kuartal ketiga 2010.

Kehadiran browser besutan Mozilla pada ponsel disebut-sebut akan membuat tampilan website sama dengan ketika pengguna mengaksesnya di komputer.

Mozilla mencoba mengembangkan browser mobilenya agar bisa digunakan untuk semua platform. Saat ini Firefox Mobile untuk versi OS Windows Mobile tengah dalam tahap pengujian awal. Pengembangannya diperkirakan akan rampung pada pertengahan tahun pertama 2010.

Mozilla juga aktif mengembangkan Firefox Mobile versi Android, namun belum bisa dipastikan kapan pengembangannya akan selesai. (rah)

okezone

2 Tanggapan

  1. 1st Mantap tuh

  2. 2nd mantap tuh jd gk sabar nyoba

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: