Akun Twitter SBY, Asli atau Palsu?

Presiden_RI (screenshot)

Kepopuleran situs mikroblogging Twitter semakin menanjak ketika dimanfaatkan oleh banyak tokoh penting. Mulai dari yang bergelut di dunia hiburan hingga politik, tak terkecuali oleh Presiden Amerika terpilih Barack Obama. Lantas bagaimana dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)? Apakah SBY benar-benar ikut terjun ke ranah ini dengan munculnya sebuah akun yang mengatasnamakan Presiden RI?

Sejumlah pertanyaan itu menyeruak tatkala diketahui ada akun yang mencatut jabatan orang nomor 1 di negara ini. Akun Twitter yang dibuat dengan nama @PRESIDEN_RI sontak mengundang kecurigaan sendiri terkait asli apa tidaknya profil tersebut.

Dengan latar belakang profil yang memakai background bendera merah putih serta profile picture berupa gambar kepulauan indonesia dan Garuda Pancasila, sekilas akun ini meyakinkan.

Kemudian bagaimana dengan tweet-nya? Di sini sebagian besar tweet berisi agenda kegiatan Presiden SBY, seperti ‘Presiden SBY Bertolak ke Eropa- Presiden SBY didampingi Ibu Negara hari Minggu (13/12) pagi’, ‘Transit di Dubai, Bertemu Putra Mahkota Sheik Saud’ dan yang terakhir ditulis berisikan ‘Tiba di Brussel, Belgia- Di tengah suhu udara minus 1 derajat Celcius…’.

Semua tweet-tweet itu tak luput menyertakan link yang saat dikunjungi mengarah pada situs resmi Presiden Republik Indonesia. Dan dari sini juga terlihat bahwa isi tweet-tweet ini merupakan hasil copy-paste dari berita di situs tersebut.

Namun satu hal besar yang mengundang pertanyaan ialah terkait dengan tokoh-tokoh yang diikuti oleh akun ini. Jika memang benar akun tersebut milik Presiden SBY, terlepas apakah SBY yang membuat sendiri ataukah tim istana, mengapa di daftar akun yang diikuti (following), terdapat banyak akun yang memuat nama-nama penyanyi dan artis tenar dibanding sesama tokoh politik.

Meskipun ada akun Barack Obama dalam daftar following, namun mari kita lihat akun-akun lainnya yang juga diikuti. Akun dari sejumlah penyanyi ngetop mulai Bunga Citra Lestari, Britney Spears, Mariah Carey, Coldplay, hingga si cantik Kim Kardhasian dan aktor Ashton Kutcher ada juga di sini ketika ditelusuri oleh detikINET, Senin (14/12/2009).

‘kok presiden banyak following artis2 yak?’, salah satu pertanyaan dari pengguna Twitter bernama andiarlyn-pun terlontar. Sedang seorang beridentitas dixxieland juga curiga, ‘@Presiden_RI beneran tim nya SBY bukan ya ?’ ujarnya.

Belum jelas apakah akun berpengikut 400an followers ini asli atau palsu. Dan jika memang akun ini dibuat oleh tim SBY, diharapkan pihak Twitter bersedia memberikan label ‘Verified Acoount’nya agar keabsahannya teruji dan tak ada lagi pertanyaan yang muncul. ( sha / faw )


detikinet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: